PEMBUATAN VERTIKAL GARDEN SBG PRODUK MAPEL KESENIAN YG BERWAWASAN LINGKUNGAN

(PEMANFAATAN KEMBALI SAMPAH PLASTIK/REUSE) oleh POKJA  3 R

Monggo Pak Ade disempurnakan:

Pesan intinya adalah anak-anak dengan didampingi guru kesenian membuat taman vertical garden, dimana kegiatan tersebut merupakan kegiatan pembelajaran reuse atau pemanfaatan kembali sampah palstik terutama botol plastic bekas minuman untuk membuat taman kecil (vertical garden).

Dalam prosesnya pembuatannya menggunakan dan memanfaatkan botol plastic bekas minuman. Dimulai dari pengumpulan botol plastic di tempat sampah khusus yang plastic, kemudian dipilah-pilah yang sejenis lalu diolah/diukir sedemikian rupa disesuaikan dengan kebutuhan untuk ditanami bunga.

Info original dari Ibu Dra. Siti Fatimah, guru mapel Kesenian :

Deskripsi Reuse (penggunaan kembali)

Dalam pembelajaran Seni Budaya (Seni Rupa) kelas XII KTSP semester 2 KD. 4.2. Membuat karya senirupa murni dan terapan yang dikembangkan dari beragam unsur seni rupa Nusantara. Dipilih membuat karya berupa Vertical Garden, dengan memanfaatkan tanaman hias sebagai elemen yang ditata dan dikomposisikan dengan media tumbuh barang bekas (botol air mineral) yang diaplikasikan sedemikian rupa sehingga bisa diatur pada bidang vertical. Cara ini dipilih diharapkan dapat menghemat lahan , rapi, praktis, estetik dan sejuk.

Deskripsi Recycle ( daur ulang)

Memanfaatkan limbah Koran yang kurang bernilai guna menjadi bernilai guna. Dalam pembelajaran Seni Budaya (Seni Rupa) kelas XI K13, KD Berkarya Seni Rupa 3D Modifikasi. Dipilih berkarya senirupa 3D dengan membuat karya seni murni/terapan dari bahan limbah koran, dengan mengolah dan memodifikasi bentuk tertentu sehingga didapatkan hasil kreasi anak yang unik dan berguna.