SMAN 1 Srengat Galakkan Program Jum’at Bersih

Blitar, Pojok Kiri

Guna mendukung program adiwiyata, serta dalam rangka untuk menuju adiwiyata ting­kat Provinsi, SMAN 1 Srengat terus melakukan berbagai upa­ya dengan berbagai program-program yang mengajarkan anak didiknya untuk selalu peduli terhadap lingkungan. Salah satunya yakni dengan Program Jum’at Bersih dan Sabtu Hijau.

Sebelum pelaksanaan keg­iatan belajar mengajar dimu­lai, seluruh warga SMAN 1 Srengat setiap hari Jum’at melaksanakan kegiatan prog­am Jum’at Bersih di ling­kungannya masing-masing. Kegiatan Jum’at bersih ini merupakan program sekolah yang dilakukan secara rutin setiap hari Jum’at di Sekolah. Disamping Jum’at bersih SMAN 1 Srengat juga meng­gelar program Sabtu Hijau.

“Menjaga lingkungan sekolah agar tetap bersih merupakan tanggung jawab bersama. Dengan kondisi lingkungan sekolah yang ber­sih, tentunya akan membuat pelaksanaan kegiatan belajar mengajar di sekolah akan menyenangkan. Dan program kegiatan Jum’at bersih yang diselenggarakan SMAN 1 Srengat dan pelaksanaannya sebelum masuk awal pelajaran ini untuk membentuk karakter yang selalu peduli dengan lingkungan”, ujar Kepala Sekolah SMAN 1 Srengat, Sumino, S.Pd, M.Pd, disela-sela kegiatan Jum’at Bersih, Jumat. (6/4).

Sumino, menambahkan Kegiatan Jum’at Bersih yang sudah dilakukan oleh SMAN 1 Srengat Antara lain Gerakan Serbu Sampah dan Kebersihan lingkungan dalam rangka memperingati Hari Peduli Sampah Nasional, Gerakan Kebersihan Lingkungan dan Penghematan Air dalam rang­ka Hari Air Sedunia tanggal 22 Maret dan Gerakan Serbu Sampah dan Penanaman Po­hon dalam rangka Hari Bumi 22 April.

Dijelaskannya, bahwa keg­iatan Jum’at Bersih dan Sabtu Hijau yang dicanangkan oleh SMAN 1 Srengat juga dalam rangka menuju adiwiyata ting­kat Provinsi.

Hal senada juga diung­kapkan, Koordinator Program Adiwiyata di SMAN 1 Srengat, Budi Santoso, bahwa Program Jum’at Bersih yang diseleng­garakan di SMAN 1 Srengat dilaksanakan setiap bulan se­banyak 2 kali, jadi siswa-siswi dengan membersihkan kelas masing-masing, dan yang ter­gabung dalam pokja bekerja sesuai pokjanya. “kegiatan ini juga dalam rangka mendukung program Adiwiyata”ungkap Budi Santoso yang juga se­bagai Guru PPKN. Kedepan, Budi Santoso, berharap pro­gram tersebut, warga seko­lah mempunyai pola prilaku kebiasaan untuk peduli ter­hadap lingkungan yang ada disekolah”pungkasnya. (SF