Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) yang disebut juga Computer Based Test (CBT) adalah sebuah sistem pelaksanaan ujian nasional yang menggunakan komputer sebagai media pelaksanaan ujiannya.

Pada penyelenggaraan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) dan Ujian Sekolah Berstandar Nasional (USBN), Kemendikbud akan menerapkan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK). Ujian berbasis komputer sendiri bertujuan untuk meningkatkan efisiensi, mutu, reliabilitas, integritas, dan kehematan pelaksanaan ujian nasional.

Penyelenggaraan UNBK pertama kali dilaksanakan pada tahun 2014 secara online dan terbatas di SMP Indonesia Singapura dan SMP Indonesia Kuala Lumpur (SIKL). Hasil penyelenggaraan UNBK pada kedua sekolah tersebut cukup menggembirakan dan semakin mendorong untuk meningkatkan literasi siswa terhadap TIK (Teknologi Informasi dan Komunikasi). Selanjutnya secara bertahap pada tahun 2015 dilaksanakan rintisan UNBK dengan mengikutsertakan sebanyak 556 sekolah yang terdiri dari 42 SMP/MTs, 135 SMA/MA, dan 379 SMK di 29 Provinsi dan Luar Negeri. Pada tahun 2016 dilaksanakan UNBK dengan mengikutsertakan sebanyak 4382 sekolah yang tediri dari 984 SMP/MTs, 1298 SMA/MA, dan 2100 SMK.

Penyelenggaraan UNBK saat ini menggunakan sistem semi-online yaitu soal dikirim dari server pusat secara online melalui jaringan (sinkronisasi) ke server lokal (sekolah), kemudian ujian siswa dilayani oleh server lokal (sekolah) secara offline. Selanjutnya hasil ujian dikirim kembali dari server lokal (sekolah) ke server pusat secara online (upload).

Jadwal Ujian Nasional 2017 SMA
UNBK jenjang SMA/MA dilaksanakan mulai tanggal 10 sampai dengan 13 April 2017.

sesuai jurusan.

Mata pelajaran yang diujikan
Mata pelajaran UNBK jenjang SMA : Matematika, Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, dan satu mata pelajaran pilihan Mata pelajaran.

Mata pelajaran pilihan ini dipilih oleh setiap siswa sesuai dengan jurusan atau peminatan siswa, bukan ditentukan oleh pihak sekolah. Selain itu, tidak ada hubungan antara pilihan mapel pada UNBK dengan program studi dan jurusan yang akan diambil di perguruan tinggi.

Berikut ini mata pelajaran pilihan UN SMA 2017:
– Jurusan IPA: Fisika, Kimia, atau Biologi.
– Jurusan IPS: Geografi, Sosiologi, atau Ekonomi.
– Jurusan Bahasa: Antropologi, Sastra Indonesia, atau Bahasa Asing (Mandarin, Jepang, Arab, Jerman, atau Perancis).

Saat ini SMAN 1 Srengat telah mempersiapkan instalasi server dan client guna menunjang kegiatan UNBK tahun 2017. Doakan kami agar bisa menyelenggarakan UNBK 2017 dengan sukses.